POLRES SAMBAS-, Waktu pagi itu telah genap menunjukkan pukul 08.00 WIB. Apel pagi di halaman Markas Kepolisian Sektor ( Satuan Kerja Polri di tingkat kecamatan ) telah selesai dilaksanakannya bersama rekan-rekan anggota Polri lainnya yang bertugas di Polsek itu. Kemudian dirinya memeriksa kembali perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan tugas selanjutnya. Setelah diketahui perlengkapannya sudah lengkap, dipacunya perlahan sepeda motor dinasnya yang berwarna abu-abu menuju desa binaannya. Para Bhabinkamtibmas memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan sambang desa, guna melakukan pembinaan bidang Kamtibmas di desa binaannya masing-masing.

Pada saat melaksanakan kegiatan sambang desa, pada umumnya para Bhabinkamtibmas berkunjung ke kantor desa guna melakukan silaturahmi dan koordinasi dengan Kepala Desa beserta perangkatnya. Setelah diketahui tidak adanya hal-hal yang harus segera dilakukan bersama aparatur desa, maka para Bhabinkamtibmas akan melaksanakan kegiatan door to door system ke rumah-rumah warga. Dalam rangka menyerap informasi, aspirasi atau keluhan warga yang harus ditindak lanjuti.

Dalam pelaksanaan door to door system dari rumah-rumah warga, memiliki karekteristik cerita atau keunikan tersendiri. Kadang harus ditempuh menyusuri jalan-jalan pedesaan yang sunyi sepi. Entah itu tanaman padi yang tumbuh dipersawahan, tanaman perkebunan milik warga di sepanjang jalan, atau bahkan masih berupa hutan semak belukar yang menyapa di kiri dan kanan jalan pedesaan tersebut. Para Bhabinkamtibmas akan merasa sumingrah, ketika berpapasan serta bertegur sapa dengan warga yang melintas dalam perjalanan itu. Hal itu mungkin bisa menggambarkan, betapa para Bhabinkamtubmas merasa hidupnya begitu berarti ketika berada di tengah-tengah kehidupan masyarakat.