Poldakalbar.Polressambas. Pada hari Selasa tanggal 6 September 2022 sekira pukul 12.15 Wib bertempat di Halaman Masjid Babul Jannah Sambas dan menuju Kantor DPRD Kabupaten Sambas telah dilaksanakan Aksi Damai oleh Aliansi Mahasiswa Sambas, Mahasiswa bergerak untuk demo dalam rangka Penolakan Kenaikan Harga BBM bersubsidi.

Dalam Aksi damai Mahasiswa tersebut Polres Sambas melakukan pengamanan yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sambas Kompol DB.Siregar, S.H, dengan mengerahkan Pleton Dalmas Sat Sabhara Polres Sambas serta satuan fungsi pendukung lainnya, pengamanan juga melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja PemKab. Sambas.

 

Sementara itu dari Mahasiswa yang melakukan aksi damai adalah HMI Sambas dengan (Koorlap Firdaus), PMII Sambas (Koorlap Uray Arianda), Presma BEM Poltesa Sambas (Koorlap Idrus) dan Presma BEM IAIS Sambas (Koorlap Riki Rumaini).

Jumlah Massa sekitar 50 orang dan alat peraga yang digunakan bendera dan Spanduk.

Sekira pukul 12.37 Wib Mahasiswa melakukan Konsolidasi persiapan di Halaman Masjid Babul Jannah Sambas dan berjalan mendorong motor sebanyak 25 Unit kendaraan R2 sejauh 270 M dan dilanjutkan menuju ke taman Lunggi Sambas, dari Taman Lunggi Sambas Mahasiswa melanjutkan perjalanan dengan berjalan Kaki menuju Kantor DPRD Sambas.

Dalam orasinya Mahasiswa menyampaikan tuntutan aksi,

1. Mendesak Pemerintah untuk mencabut kebijakan kenaikan BBM;

2. Menindak tegas mafia Migas dan Bersubsidi;

3. Mendesak Pemerintah untuk menerapkan Subsidi tepat sasaran;

4. Menindak tegas pelaku penimbunan Solar.

 

Kegiatan aksi unjuk rasa diterima oleh Ketua DPRD Sambas H. Abu Abubakar beserta Wakil Ketua dan Ketua Fraksi di DPRD Sambas.

Dan Ketua DPRD Sambas H.Abu Bakar memberikan tanggapan atas aksi Mahasiswa ”

1. Mendukung 4 tuntutan yang di sampaikan oleh Mahasiswa Kab. Sambas;

2. DPRD Kab. Sambas akan Mengintruksikan tuntutan Mahasiswa ke tingkat lebih tinggi;

3. Untuk di Kab. Sambas perlunya kerjasama dengan Mahasiswa terkait penindakan Mafia Solar di Kab. Sambas;

4. Akan mengundang perwakilan Mahasiswa Kab. Sambas untuk membahas tuntutan dari mahasiswa;

5. Statement dan pernyataan sikap anggota Dewan yang hadir untuk menolak Kenaikan BBM, memberantas Mafia Solar dan Subsidi Tepat sasaran.

 

Kegiatan penyampaian aspirasi Mahasiswa berakhir pukul 15.15 wib, berlangsung aman dan tertib.

 

Humas Polres Sambas